Beranda > Artikel bebas, Kata Bijak, Kehidupan > Seimbang Jika Bergerak Maju

Seimbang Jika Bergerak Maju

Penulisan aksara kanji sangat memperhatikan letak titik dan garis. Setiap coretan tinta harus sangat jeli, jika tidak maka arti dari huruf itu akan berbeda. Dan ternyata ada philosophy keseimbangan dalam aksara Kanji itu, setiap goresan tinta untuk membentuk suatu huruf sebisa mungkin membuat huruf itu dalam keadaan seimbang.

Demikianlah perbincangan hangat dalam acara talk show di salah satu radio yang kebetulan saya dengarkan dari mobil dalam perjalanan pulang dari Jakarta.

Berbicara mengenai keseimbangan kita dapat mengambil contoh pengendara sepeda atau pemain sirkus yang berjalan di atas satu roda. Pertanyaannya kenapa mereka bisa tetap seimbang meski hanya berada diatas roda? Jawabannya adalah karena mereka bergerak maju.

Demikian juga dalam keseimbangan hidup. Ketika orang mengahadapi berbagai macam masalah banyak yang terlena dengan masalah itu, sehingga mengalami depresi, hilang semangat hidup, melarikan diri pada tindakan kriminal, bunuh diri, dan lain sebagainya. Sebaliknya ketika sebagian orang berada dalam tingkat kesuksesan atau kesenangan hidup yang sangat didambakannya, sangkin terlenanya tidak sedikit yang lupa diri, menjadi angkuh, tinggi hati, bahkan mati karena kesombongannya sendiri..

Ya, antara kebahagiaan dengan dukacita adalah dua hal yang sangat berbeda namun selalu datang menghampiri. Seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya selalu kita hadapi di dalam kehidupan ini. Ketika salah satunya sedang menghampiri, kita sering hanya focus disitu saja dan berjalan di tempat, sehingga keadaan akan semakin sulit. Alhasil kendaraan hidup yang sedang kita gayuh terjungkal karena berat sebelah.

Seperti filosophi huruf kanji yang selalu menciptakan keseimbangan dalam tulisan agar bisa dibaca semua orang dan keseimbangan akan tercipta bila sesuai dengan fiosophi sepeda yang bergerak, maka demikianlah kita seharusnya menghadapai kedua sisi kehidupan ini. Ketika masalah atau kebahagiaan datang mari kita hadapi dengan berani seiring waktu dan kehidupan yang terus berjalan. Keseimbangan hidup akan tercipta jika kita terus memandang kedepan sambil menggayuh kendaraan kita. Kita harus terus bergerak menatap masa depan.

Jangan pernah berpikir ketika masalah datang, kita diam dan terus merenung. Karena masalah akan terus berdatangan. Demikian juga jangan pernah mencoba angkuh dan sombong ketika kita berada dipuncak kesuksesan/kebahagiaan kita. Karena justru dari situlah masalah berdatangan. Nikmati saja hidup ini, jalani apa adanya. Maka kita akan bisa melalui hidup ini penuh dengan warna-warni suka dan duka.

  1. Belum ada komentar.
  1. Desember 10, 2009 pukul 4:12 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: