The ….. Way

Ada yang menarik dari hunting bukuku kemaren di Gramedia Botani Square Bogor. Seperti biasa ketika berkunjung ke toko buku maka rak yang pertama kukunjungi adalah rak buku baru atau rak buku laris. Setidaknya aku menemukan ada empat judul buku yang mirip di rak-rak itu yaitu The Sony Way, The Honda Way, The Warren Buffet Way, dan The Apple Way.

Yang menjadi pertanyaanku kemudian, betapa nama orang dan nama perusahaan sebegitu hebatnya sehingga dijadikan panutan sampai ditulis detail cara-cara yang dilakukannya – melebihi buku mengenai biografi. Apakah jasa dan keunggulan orang dan perusahaan-perusahaan itu sehingga namanya menghiasi hampir seluruh toko buku di dunia ini. Apakah hanya sekedar latah karena jauh sebelumnya sebutan The Toyota Way lebih dulu terkenal.

Bila melihat track record dari orang dan perusahaan-perusahaan itu memang sangat menginspirasi orang yang membacanya. Warren Buffet, kini adalah orang terkaya di dunia, menggeser posisi yang selama ini ditempati oleh bos Microsoft – Bill Gate. Warren Buffet terkenal dengan insting investasinya jdan uga karena kesederhanaan hidupnya, mulai berinvestasi dengan membeli saham sejak umur 14 tahun bermodalkan uang jajanannya. Dan hasilnya terlihat sekarang dengan mengguritanya bisnis yang dilakoninya sampai menjajal pasar Asia. Begitu juga dengan tiga perusahaan lain: Sony, Honda, dan Apple. Ketiga perusahaan ini menjadi acuan bisnis bagi para pelaku bisnis lainnya karena strategi dan kreatifitas managementnya dalam menjalankan roda bisnisnya. Keempat buku ini sebenarnya memiliki kesamaan, yaitu nama-nama itu dirintis oleh orang sederhana namun memiliki kemauan keras untuk bekerja dan melangkah maju hingga meraih posisi penting dalam dunia bisnis internasional dan dikenang banyak orang.

Pertanyaanku lagi adalah: orang besar dan perusahaan besar akan selalu di kenang orang, bisakah suatu saat nanti ada orang yang tertarik membuat buku berjudul “The Harry Way”? Mudah-mudahan….

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: