Beranda > Bisnis Manajemen, Ngeblog > Menangguk Rupiah dari Blog

Menangguk Rupiah dari Blog

Dikutip dari inilah.com

Selain sumber informasi, internet bisa menyediakan penghasilan tambahan bagi penggunanya. Bagi pemilik situs pribadi atau blog, ada beberapa situs yang menawarkan pemasangan iklan yang bisa memberikan penghasilan.

Situs pribadi atau biasa disebut blog, sudah jamak digunakan masyarakat. Wikipedia mendefinisikan blog berasal dari singkatan “web log” yang berarti tulisan-tulisan yang dimuat pada halaman web umum. Blog mengijinkan pemiliknya memposting tulisan-tulisan sesuai tema-tema tertentu.

Blog mempunyai fungsi beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi kampanye politik, sampai program-program media dan perusahaan. Sebagian besar blog dikelola penulis tunggal, sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Banyak juga web log yang memiliki fasilitas interaksi dimana pengunjung bebas meninggalkan komentar atas isi tulisan yang dipublikasikan. Selain itu ada yang bersifat noninteraktif.

Bisa dikatakan, blog tidak berbeda dengan media online. Situs blog yang populer pada saat ini adalah http://www.blogger.com dan http://www.wordpress.com. Selain itu juga ada http://www.multiply.com.

Media blog pertama kali dipopulerkan Blogger.com, milik PyraLab sebelum diakuisi Google akhir 2002. Sejak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi baru milik Google yang diperuntukkan untuk mempermudah penulis blog.

Pemilik Blog bisa mendapat penghasilan, dari situs pemasang iklan. Situs seperti ini memberikan alternatif penghasilan tambahan bagi blogger dengan cara menyediakan spot, tempat menyampaikan pesan komersial dari advertiser.

Beberapa situs lokal yang menawarkan sharing iklan di antaranya Kliksaya. Situs ini sudah lumayan lama beroperasi di Indonesia. Situs yang menawarkan penghasilan yang lumayan besar bagi blogger adalah KumpulBlogger. Blogger akan mendapatkan Rp 400 untuk 1 kali unik klik, dan Rp 50 untuk klik refferal.

KumpulBlogger memperkirakan, situs blog yang cukup populer bisa mendapat hingga 15.000 unique visit per bulan. Jumlah blog yang memiliki 15.000 unique visit bisa mencapai ratusan.

Situs lain yang menawarkan layanan serupa adalah Adspeedy. Situs ini merupakan portal periklanan online berfungsi mempertemukan advertiser (pengiklan) dengan publisher (penerbit iklan). Biaya iklan dibayar advertiser berdasarkan klik atau impression per hari melalui IP unik.

Pengelola Adspeedy, Martin mengatakan untuk per klik, publisher atau pemilik blog mendapatkan Rp 200 per IP. Sedangkan untuk impression pemilik blog bisa mendapatkan Rp 5. “Kalau blog yang ramai bisa dapat Rp 200 ribu, untuk tiap iklan yang ditayangkan,” katanya.

Martin mengatakan Adspeedy tidak membatasi kapan blog mulai beroperasi. Namun untuk blog yang ingin menampilkan iklan dari luar negeri, maka Adspeedy akan melakukan verifikasi.

Caranya dengan melakukan verifikasi manual, mengunjungi blog milik publisher. Martin mengatakan, agar blog bisa lolos yang paling penting adalah konten. Setidaknya 50% isi konten harus orisinil. Boleh saja konten mengambil dari blog lain, tapi konten orisinil akan lebih baik.

Martin mengatakan pemilik blog juga bisa melakukan tawar menawar harga sendiri dengan advertiser. Selain itu, pengiklan dan pemilik blog juga bisa menentukan format iklan yang akan diterbitkan. “Kebanyakan pemasang iklan adalah individu. Jenis iklannya lowongan pekerjaan dan menjual e-book,” timpal Martin

Adspeedy mulai beroperasi sejak Februari 2008. Adspeedy bertujuan mengatasi kendala yang dihadapai advertiser saat menggunakan layanan berbasis portal tunggal. Hingga saat ini, kata Martin sudah ada 2000 an blog yang bergabung ke Adspeedy.

Sedangkan blogger yang memiliki blog dengan konten berbahasa Inggris, bisa mencari situs yang menawarkan sharing iklan dari luar negeri. Yang paling terkenal tentu saja Google Adsense. Situs periklanan ini paling populer di dunia.

Selain Google Adsense terdapat WidgetBucks yang lebih fokus ke produk tertentu, dan para pengiklannya adalah toko-toko online. Secara konsep WidgetBucks mirip Google Adsense, dan menerima pembayaran lewat Paypal. Selain itu beberapa situs lain seperti Yahoo juga menyediakan layanan serupa.

Agar situs blog menjadi ramai, ngeblog harus dilakukan setiap waktu, menunjukkan eksistensi pemiliknya. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat atau artikelnya terus ditambah.

Pemasang iklan juga lebih suka blog yang banyak dikunjungi. Oleh karena itu, blogger harus bisa menampilkan tulisan menarik atau informasi penting agar banyak dikunjungi orang.

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari penulisnya, blogger juga harus hati-hati. Blog bisa menjadi sumber informasi bagi para hacker untuk mencuri identitas, mata-mata dan lain sebagainya.

Selain itu harus juga perlu berhati-hati menuliskan isu sensitif. Sudah banyak terjadi, penulisan blog berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap petugas.

  1. November 20, 2008 pukul 8:27 pm

    wah…mantab juga yah lae…
    blm kebayang kalo blog saya bisa menghasilkan uang…hehehehe..masih ketinggalan jauh kayaknya…

    horas,

    bonar

    Harry: Ada banyak cara untuk membuat blog menjadi sumber penghasilan. Yang perlu lae pikirkan sedari awal adalah memperbanyak hits blog lae. karena sebenarnya hits adalah sumber uang.

    Aku bantu bayangin deh lae…he..he…

  2. Januari 13, 2009 pukul 10:44 pm

    sy mau buat blog dan mempybtai penghasilan dr blog. Tapi, saratnya -katanya- kita harus punya jaringan internet -IP- pribadi…. Bagaimana

    Harry: Lo jangan percaya “katanya” dong mas sebelum di coba. sumber uang dari blog buanyak sekali, mulai dari yang gampang sampai kepada yang rumit. Coba mas pelajari trick nya dari link berikut: http://bataknews.wordpress.com/2008/01/13/22-sumber-uang-bagi-bloger/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: