Beranda > Diary > Pergantian Tahun Tanpa Resolusi

Pergantian Tahun Tanpa Resolusi

Bagi orang yang memiliki diary atau blog mungkin akan menumpahkan segala hal yang dipikirkanya mengenai pergantian tahun ini, ada yang menuliskan pengalaman-pengalaman suka dan dukanya selama mengarungi satu tahun ini, ada yang menuliskan pencapaian-pencapaiannya di tahun lalu, dan ada yang menuliskan ketetapan hati dalam bentuk rencana kongkrit yang akan dilakukannya di tahun depan, yang terakhir inilah yang disebut dengan resolusi.

Namun bagiku tahun ini adalah tahun yang tepat untuk tidak menuliskan apa-apa. Biasanya setiap pergantian tahun aku selalu membuat komitment perubahan, resolusi yang kususun begitu mantapnya hingga jauh dari realistis, target-target jangka pendek kususun dengan tajam dan terpercaya, namun kenyataannya sering kali pencapaiannya jauh dari yang diharapkan sehingga akhirnya mengecewakanku sendiri. Inilah yang membuatku berpikir praktis untuk tidak membuat resolusi di tahun 2009 ini.

Selama ini aku dikenal oleh teman-temanku sebagai seorang perencana dan pemikir, bahkan terkadang apa yang kupikirkan dan kurencanakan jauh dari apa yang mereka duga sebelumnya. Namun di tahun ini aku ingin hilangkan kesan itu. Kusadari bahwa ternyata lebih indah melalui hidup ini seperti air yang terus mengalir, tanpa perencanaan, tanpa strategi, tanpa jutlak, dll, toh ujung-ujungnya air itu akan tiba di tempat yang lebih rendah (sasaran).

Rencana memang ada, tapi itu bukanlah komitmentku. Target memang ada, tapi itu bukan resolusiku. Aku lebih senang menyebutnya hanya sebagai keinginan belaka. Biarlah air itu mengalir dalam sungai kehidupan ini tuk mencapai sasaran memperoleh kualitas hidup yang lebih baik lagi . Aku yakin Tuhan sudah siapkan aliran sungai yang tepat untuk kualiri. Aku hanya perlu mengasahnya dengan bersyukur dan berusaha tuk mencapai keinginan itu.

I’m Sorry my blog, in this New Year night I can’t write my resolution here.

Tanjung Gading, 01 Januari 2009, pukul 00:00

  1. Januari 8, 2009 pukul 11:59 pm

    Salam kenal,
    Selamat memulai tahun 2009. Jangan berhenti membuat rencana. Tapi buatlah perencanaan yang sederhana yang masih kira-kira sanggup kita kejar. GBU

  2. Januari 15, 2009 pukul 4:14 am

    Begitupun aku..
    tapi hanya di hari pertamaku saja kawan..
    aku tak bertahan lama, karena tanpa arah dan tujuan, aku tak tahu kemana akan melangkah…

    Harry: Tanpa resolusi bukan berarti tanpa arah teman. Justru degan bersyukur dan bekerja keras aku semakin tahu kemana arah langkahku.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

