Beranda > Jurnalisme, Karir, Kata Bijak, Mimpi, Ngeblog, Pendidikan > Panggil Aku Sekarang Master

Panggil Aku Sekarang Master

 “Panggil aku sekarang master mak. Aku sudah lulus sidang kelulusan studi S2 dengan yudisium cumlaude”. Senang sekali kedua orang tuaku ketika kukabarkan berita itu. Apalagi yang membuat mereka senang kalau bukan mendengar kabar baik dari anak-anaknya. Apalagi sebelumnya aku juga baru diwisuda dari program pendidikan Setifikasi Qualified Internal Auditor (QIA) sebagai wisudawan terbaik di Hotel Sanur Bali. tentunya kedua orang tuaku semakin senang. “Sekarang mamak bisa menulis namaku begini: Harry Andrian Simbolon, SE., M.Ak., QIA”. 

Tidak ada hal lain yang bisa kulakukan kepada orangtuaku selain menyenangkan hati mereka. Perjuangan mereka membesarkanku dan menyekolahkanku sebelumnya sungguh sangat mengagumkan bagiku. Perjuanganku setiap sabtu minggu menempuh perjalanan Sukabumi-Bandung, dan Jakarta-Bandung untuk sekedar studi kini usai sudah. Begitupun pengorbananku terhadap jam istirahatku untuk konsentrasi terhadap tesis kini berujung pada hasil yang sangat memuaskan. Belum lagi pengorbanan materi yang sebenarnya bisa kuhabiskan untuk hal lain, namun harus kuinvestasikan dalam bentuk pendidikan. 

Kini konsentrasiku kedepan adalah merentas karir. Modal sudah kusiapkan sedari awal yaitu melalui kompetensi keilmuan. Beberapa rekan sekantorku sebelumnya beberapa kali menanyakan motivasiku untuk sekolah lagi, Mereka beranggapan bahwa di perusahaan ini yang penting kinerja dan networking. Dengan santai aku menjawab beberapa pertanyaan itu: “ Aku ingin mendapatkan pengakuan dari orang/lembaga lain bahwa aku ini memiliki kompetensi. Karena kalau aku sendiri yang bilang itu namanya menjilat. Aku mau beri bukti, bukan janji. Lagipula bagaimana mungkin aku menunjukkan kompetensiku jika aku sendiri tidak diberi kesempatan”. Aku hanya bisa berharap kalau aku diberi kesempatan melalaui career path yang menanjak. 

Teringatku 3 tahun lalu ketika training induction program di perusahaanku saat ini. Waktu itu aku adalah karyawan baru yang masih lugu, belum punya banyak pengalaman dan harus ditraining mengenai bisnis perusahaan. Ketika ditanya oleh fasilitator training yang waktu itu adalah Ibu Rini Hasan: “Akan jadi apa kalian 5 tahun lagi dan 20 tahun lagi bekerja di perusahaan ini?” dengan lantang aku menyatakan bahwa 5 tahun lagi akau akan menjadi manager, dan 20 tahun lagi aku akan menjadi direksi. Kata-kata itu masih terus terngiang di telingaku sampai saat ini. Itulah yang menjadi motivasiku dan semangatku untuk terus menimba ilmu sampai saat ini. 

Untuk bisa meraih itu aku harus banyak belajar. Bagiku hidup adalah belajar. Jadi sampai kapanpun Tuhan berikan kehidupan kepadaku, maka aku akan terus belajar. Bagiku belajar tidaklah melulu strata pendidikan (S1, S2, S3) tetapi belajar bisa dalam segala hal, seperti kekagumanku akan quote berikut: “Setiap tempat adalah sekolah, setiap orang adalah guru, dan setiap pengalaman adalah pelajaran”. Jadi kapanpun, siapapun, dan dimanapun aku bisa belajar. 

Jalan masih panjang terbentang, akan banyak hal-hal menarik yang bisa terjadi. Waktu masih terus berputar, akan banyak pengalaman yang bisa tercipta. Orang masih banyak, akan banyak orang yang bisa menjadi teman dan guru yang bisa mengajariku dan memberikan kesempatan itu.

  1. Juni 30, 2009 pukul 3:08 pm

    aku juga master, lae…😉
    tapi bukan kungfu master kayak jacky chan.
    selamat ya, lae, semoga karir juga makin bagus.

    Harry: berarti sama-sama master kita nih lae🙂 mauliate lae.

  2. Juli 18, 2009 pukul 1:36 pm

    Tulisan yang sangat menarik, kritis serta membangun…. trim’s

  3. G. Meha
    Oktober 19, 2009 pukul 11:38 am

    Materku lain lagi lae; MAlo Saotik kompuTER. Hahahahaha……….apapun masternya, yang penting jangan sampai ‘MAkan Saja TERancam’ ya, lae.
    Sukses selalu. Tuhan memberkati.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

