Beranda > Hukum, Jurnalisme, Nasionalisme, Sosial Politik > Indonesia Will Revive

Indonesia Will Revive

Indonesia dirundung duka, Jumat, 17 Juli lalu, Ibukota Negara Indonesia digemparkan oleh dua ledakan bom yang menewaskan 9 orang dan melukai puluhan lainnya.  Bom itu seketika meluluhlantahkan stabilitas ekonomi, politik, dan keamanan negeri ini yang sebelumnya sangat terjaga dengan baik.  Tragedi itu juga membuat penilaian seluruh dunia terhadap Indonesia menjadi pudar kembali. Indonesia yang sebelumnya dijadikan contoh Negara yang demokratis, sekarang dinilai menjadi kandang separatis.

Intelejen sebenanrya memang sudah mengendus rencana ini sebelumnya, terbukti dari beberapa penggerebakan yang terjadi di cilacap, namun memang yang namanya maling pasti akan lebih pintar berkelit. Yang jelas bom ini berdampak pada banyak hal.

Akankan kedepan ada bom-bom yang lain lagi? jika kita memandang hal ini sebagai sebuah tanaman, maka sampai kapanpun jika akarnya tidak berhasil dicabut maka tanaman itu akan terus tumbuh, demikian juga jika kita memandangnya sebagai sebuah sifat bawaan, misalnya pencuri (kleptomania), selamanya dia akan terus mencuri jika tangannya masih tetap ada. Sebenarya ada hal lain yang dapat dilakukan untuk menyetop tindakan ini tanpa membasmi akar itu atau memotong tangannya, yaitu dengan membersihkan lingkungan. Lingkungan yang baik akan menciptakan ekosistem yang baik pula. Kalau dalam ilmu audit peran lingkungan pengendalian adalah hal yang sangat penting, itulah fondasi yang sangat kuat untuk menjaga agar tidak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan. Demikian juga dengan lingkungan sosial masyarakat kita, jika lingkungan sudah tertata dengan baik, orang-orang dengan sendirinya akan takut atau malu menyimpang dari aturan masyarakat itu.

Untuk menciptakan lingkungan yang baik harus dimuali dari tone of the top, artinya ada kemauan keras dari petingi negara ini berupa kebijakan, aturan, atau prosedur yang baik: Kesejahteraan masyarakat ditingkatkan, akses terhadap informasi dan komunikasi dibuka selebar-lebarnya dengan pengawasan ketat oleh aparat terkait, pendidikan merata bagi semua golongan masyarakat (dengan anggapan bahwa jika masyarakat cerdas maka akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan), kesehatan masyarakat yang bersih (diwujudkan dalam bentuk goodwill pemerintah menciptakan lingkungan bersih dan fasilitas kesehatan), pembangunan insfrastruktur yang merata dalam segala bidang,  dan yang paling penting adalah Penegakan atas aturan hukum harus konsisten tanpa pandang buluh, siapapun orangnya harus ditindak. dan tak lupa adalah integritas para pelaku kebijakan itu haruslah selected people.

Indonesia will revive, itulah keyakinan saya. kali kalimat ini beberapa kali kutuliskan dalam status facebookku. Karena kuyakin Indonesia pasti mampu menanggulangi semuanya ini. butuh proses memang, namun lambat laun Indonesia akan tumbuh dan bangkit menjadi Negara hebat, menjadi Negara yang disegani oleh bangsa-bangsa lainnya.

Kalimat itu persisnya adalah sebuah syair lagu yang sering kunyanyikan dalam ibadah-ibadah yang bernuansa nasionalisme. Dulu ketika mahasiswa idealisme nasionalismeku tertantang melalaui diskusi hangat dengan teman-teman aktivis, juga dalam ibadah di kampus, syair lagu itu adalah sebagai berikut:

If you believe and I believe and we together strive
The Holy Spirit will work through, Indonesia will revive  
Indonesia will revive, Indonesia will revive
The Holy Spirit will work through, Indonesia will revive  

Untuk bisa revive, kita butuh believe, dan itu membutuhkan persekutuan, tidak hanya saya, tetapi kita bersama-sama. Keyakinanku, Indonesia akan bangkit, jika kita bersama-sama percaya bahwa Tuhan akan memulihkan negeri ini.

 

  1. dHouws
    Juli 22, 2009 pukul 10:43 am

    ini juga bisa menghancurkan kemungkinan kita menjadi tuan rumah piala dunia tahun 2022 nanti..tapi 13 tahun waktu yang lama..peristiwa yang terjadi kemaren kan sifatnya random..kasarnya..kita yang kena sialnya..

  2. Juli 22, 2009 pukul 6:17 pm

    info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s
    Tetap semangat Pantang menyerah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: