Beranda > Change, Kata Bijak, Kehidupan, Resensi buku, Rohani > 7 Ciri Pria Tidak Dewasa

7 Ciri Pria Tidak Dewasa

pria tidak dewasaSatu pernyataan dalam buku ini yang sampai saat ini masih membekas dalam pikiranku adalah: Kedewasaan tidak diukur dari umur, tetapi dari penerimaan akan tanggung jawab. Artinya ketika kita tidak bertanggung jawab itu tandanya kita belum dewasa, meski kita sudah berumur.

Sebenarnya sudah dua tahun lebih aku membaca buku ini. Buku ini adalah kado ulang tahunku yang ke 22 dari pembimbing rohaniku, namun entah kenapa ketika aku membacanya kembali sepertinya aku disegarkan kembali, aku diajarkan mengenai penilaian diri, dan perubahan pola piker. Entah kenapa dia dulu memberikan aku buku ini, mungkin karena aku belum dewasa menurutnya.

Buku yang dikarang oleh Eddy Leo ini dimulai dari bagian yang menerangkan bahwa anak kecil pada dasarnya berbeda dengan pria dewasa, namun pada kenyataannya banyak pria yang merasa dewasa yang masih bersifat seperti anak kecil. Kemudian bagian selanjutnya menerangkan ke tujuh ciri tersebut, dan bagian akhir menjadi bagian refleksi untuk menjadi pria dewasa.

Ketujuh ciri itu adalah sebagai berikut:
 

1. Sensual
Anak-anak mengalami proses merasakan, bertindak dan berpikir. Sedangkan, pria dewasa berpikir, bertindak dan akhirnya merasakan. Tetapi saat ini, kebanyakan pria dewasa mirip seperti seorang anak kecil, mereka lebih suka bertindak dahulu baru berpikir, kemudian merasakan penyesalan atas tindakannya itu.

2. Egois
Pria yang tidak sadar akan keegoisannya adalah pria yang belum dewasa. Seorang pria yang belum dewasa sering kali tidak sadar akan keegoisannya, mari kita lihat contoh berikut: suatu keluarga, ayah, ibu dan seorang anak sedang makan pagi bersama. Di meja makan telah tersedia roti panggang, susu dan yang lainnya. Ketika sang anak hendak mengambil roti panggang, tangannya menyenggol gelas yang berisi susu hingga jatuh. Seketika itu juga ayahnya memandang dia dengan mimik muka yang marah sambil berkata: “kurang ajar! Susu aja tumpah, kamu gimana sih ngambilnya!” Sang anak tidak menjawab. Selesai makan, dia langsung masuk kamar dan menagis. Keesokan harinya, diwaktu yang sama, keluarga ini di meja makan lagi. Saat sang ayah hendak mengambil roti panggang, tangannya menyenggol susu hingga jatuh, sang ayah memandang marah kepada sang ibu dan berkata: “mama! Kenapa taruh susu disini!”

3. Tidak Konsisten
Tuhan dan wanita, menginginkan agar pria memiliki konsistensi, ketegasan dan kekuatan. Kesetiaan adalah batu penjuru dari karakter. Sering kali pria hanya mengutamakan dan menonjolkan kemampuan dan kharisma, tetapi tidak menekankan kesetiaan. Hanya kesetiaan yang dapat membuat pria terus berkembang dalam hidupnya. Kharisma bisa membawa Anda ke atas, tetapi hanya karakter yang dapat mempertahankannya.

4. Tidak Tepat Janji
Perkataan seorang pria adalah ukuran dari karakternya. Perkataan Anda membuktikan kepriaan Anda, kepriaan Anda membuktikan perkataan Anda.

5. Tidak Bertanggung Jawab
Hakikat utama menjadi seorang ayah adalah mengajar anak-anaknya bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Tanggung jawab seorang ayah bukanlah membuat keputusan bagi anaknya, melainkan membiarkan anaknya melihat bagaimana sang ayah membuat keputusan. Tanggung jawab terhadap kesuksesan tergantung pada kemauan untuk bertangung jawab terhadap kegagalan.

6. Suka Bersembunyi
Krisis tidak akan membentuk karkater seorang pria, krisis hanya akan mengungkapkan siapa dia sesungguhnya. Orang sukses melihat krisis sebagai kesempatan untuk berubah: dari yang kurang kepada yang lebih, dari yang kecil kepada yang lebih besar.

7. Hanya Berespon Terhadap Pemaksaan.
Pria yang belum dewasa adalah pria yang hanya berespon apabila dipaksa atau ditekan. Tuhan tidak menciptakan manusia untuk menjadi diktator, melainkan pemimpin.

Apabila ketujuh ciri ini masih melekat pada Anda berarti anda belum tepat dikatakan dewasa. Menjadi laki-laki adalah masalah kelahiran, menjadi pria sejati adalah masalah pilihan.

About these ads
  1. partalitoruan
    Januari 16, 2008 pukul 2:27 am

    Hahahaha,
    seneng kali aku baca postingan ito yang ini, apalagi di sesi menumpahkan susu,wuahahahaha,mengingatkan aku pada suatu keputusan yang dulunya aku anggap emosional kali, tapi setelah aku baca deskripsi ito ini, aku tidak menyesal ambil keputusan itu.
    Hidup ito Harry,hehehehehehe

    Harry: Bapakkupun juga dulu begitu to, Ternyata sekarang baru aku sadari bahwa hampir semua laki-laki itu egois, termaksud saya kali.. ha..ha..ha..

  2. April 21, 2008 pukul 7:06 am

    Christian Indonesian Blogger Festival (CIBfest) 2008 telah melahirkan animo besar dalam blogosphere Kristiani Indonesia semenjak launching pada akhir Maret 2008. Animo besar dalam online event gathering yang bervisi-misi Menjadi Garam dan Terang Dalam Suara Baru Indonesia ini bertujuan menciptakan iklim nge-blog yang positif dan menebarkan kasih di dunia maya; sehingga lewat blog dapat menjadi media ekspresi baru yang mampu menyuarakan pikiran, pendapat, kreativitas dan perasaan para blogger Kristen Indonesia.

    CIBfest 2008 diselenggarakan oleh Jawaban.Com (www.jawaban.com) adalah divisi pelayanan media internet dari Cahaya Bagi Negeri (CBN) yang merupakan yayasan non-profit yang berfokus pada pelayanan media broadcasting.

    Jadi jangan lewatkan untuk menjadi bagian dari CIBfest 2008 ini, bergabunglah dan mari mengambil bagian untuk Menjadi Garam dan Terang Dalam Suara Baru Indonesia. Untuk bergabung silahkan langsung klik http://www.jawaban.com/news/cibfest/form.php

  3. yafeto
    September 25, 2008 pukul 9:00 am

    thx, ternyata masih banyak yang harus dikembangkan untuk jadi pria dewasa.
    Dan jadi dewasa memang tidak mudah…
    But we can if we think we can..
    Thx a lot for ur article blessed me much

  4. maekal gitning
    April 19, 2009 pukul 4:51 pm

    main-main ke purken bang

    Harry: Ok ting. nanti disempatkan ke sana

  5. April 21, 2009 pukul 12:49 am

    dan ternyata aku masih jauh dari ukuran bersikap pria dewasa

  6. April 28, 2009 pukul 8:55 am

    adakah pria yang dewasa saat ini…?

    Harry: ???

  7. Mei 25, 2009 pukul 10:56 am

    Mksh ya infox.q trtarik bgt..n q suka dech.

  8. Juli 18, 2009 pukul 4:33 pm

    Saya mau tambah satu lagi ciri-ciri pria tidak dewasa
    Pembohong !!!! Tidak perduli pria atau wanita , berbohong itu adalah perbuatan yang tidak dewasa , pengkhianat , murahan , rendahan , hina , keji , egois , busuk , pokoknya kombinasi dari semua hal-hal negatif !!!
    Jauhilah pembohong . pembohong tidak pantas dijadikan teman , rekan , ataupun pasangan hidup …
    Hindari , Hindari , hindari !!!!!

  9. RIzal Love Qm
    September 9, 2009 pukul 9:27 am

    Wah . . .
    ternyata msih banyak syarat untuk jadi pria dewasa !!!

  10. farid tea ti garut
    September 11, 2009 pukul 1:46 am

    mantap… berarti aku bisa belajar menjadi orang dewasa !!!!
    terima kasih banyak…

  11. prabudi
    September 24, 2009 pukul 8:52 pm

    memang susah untuk menjadi pria yang dewasa,ini smua karna keegoisan. trimakasih atas petunjuknya, aku baru tahu klo slama ini aku belum menjadi pria yang dewasa. jd perlu koreksi diri,skali lg makasih ya. sukses slalu untukmu

  12. Oktober 11, 2009 pukul 3:53 pm

    hebaaaaatttt……!!!!
    harus w ubah nich……!!!!!!
    5 dari 7 sifat tu ad di w…….!!!!

    ckckckckckckck…….!!!!

  13. November 26, 2009 pukul 2:52 am

    horas tulang…………….

    Harry: Horas juga bere. btw bohasa manjou tulang ho bere?

  14. deNha
    Desember 4, 2009 pukul 10:44 am

    makasii banyak untuk info nya…
    memberiku satu wawasan baru…
    aku suka bgt,,

  15. ana fitriana
    Desember 23, 2009 pukul 12:18 pm

    pacar q udah 33 taon,
    tapi dia mutusin pake SMS,
    truz gak ada alasan kenapa?

    what i have to do?

    q maci sayang sama dia,

  16. yuera
    Januari 14, 2010 pukul 2:09 pm

    Wa_aH,.,.ternyata Pacar Q masih Setengah Pria Dewasa,.,.
    Pantesan Selama Ini Kok Kurang tanggap Ya,.,.,

  17. Atha
    Januari 17, 2010 pukul 3:19 pm

    Iya makacih bgd bwt infox…
    jd lebih tw…hehehehe..

  18. alfi
    Maret 1, 2010 pukul 10:55 am

    kok w banget yahh……duh….

  19. ivanaluvtl
    April 13, 2010 pukul 11:51 am

    ternyata…..blm ada di setia pria yang ku dapati.

  20. scha
    April 22, 2010 pukul 3:46 pm

    kalo cowok cowok yang masih pelajar berrarti belom pada dewasa ya???? (rata2) masih punya sifat yang disebutin diatas. hahahahahahah

  21. Juni 13, 2010 pukul 6:04 pm

    saya amat berterima kasih sekali. dengan ini saya bisa lebih mengoreksi diri saya.. agar bisa lebih dewasa lagi.

  22. Juni 25, 2010 pukul 10:57 am

    apakah cowok yang berumur 17 tahun sudah dewasa?tapi ciri2 tu bukan termasuk untukku deh,,,,,,yang gak dewasana

  23. mandala
    Juli 22, 2010 pukul 6:47 pm

    ternyata saya belum dewasa ya….ckckck, tapi masih sempet lah buat berubah..

  24. Desember 12, 2010 pukul 7:11 pm

    bagus

  25. Desember 12, 2010 pukul 7:11 pm

    bagus ekali artikelnya

  26. HERRY
    Januari 5, 2011 pukul 9:58 pm

    wow., ternyata banyak hal yg masih harus kita benahi y., tp tetep ga bole menyesali yang uwdh pernah terjadi., sekarang waktunya untuk menyadari dan berbenah.,

  27. lipz
    Januari 12, 2011 pukul 1:19 am

    thanks banget ya,, kata kata ini sungguh sangat berarti bagi saya.
    hehehe, karena saya sadar kalau saya belum dewasa. T___T

  28. Maret 4, 2011 pukul 9:36 am

    poin 1 gw banget T.T

  29. Juni 12, 2011 pukul 8:24 pm

    ok

  30. dedi
    Agustus 29, 2011 pukul 4:50 am

    aduuh itu asli nya gw banget…pengen ngerubah itu smua susah banget mesti gmn???

  31. September 14, 2011 pukul 9:50 am

    nice info..:)

  32. mutiara hitam
    November 24, 2011 pukul 12:21 pm

    sy sgat takjub dg 7 kriteria ini.dan sy berharap ms ad ciri lain yg bi ungkap lg

  33. indah
    Desember 11, 2011 pukul 2:23 pm

    kalo pacar gw beda lagi..
    kalo dy ngamuk, yg ada gw ditingalin…:((..

  34. Januari 16, 2012 pukul 12:25 pm

    insya allah dia dewasa… hehehe

  35. changcut rangers
    Januari 19, 2012 pukul 11:06 am

    hmmb, .kreen

  36. meilyka amarilis
    Februari 3, 2012 pukul 2:42 pm

    hhehe .terimakasih .berkat postingan ini ku tahu gimana karakter dia :)

  37. Nurmiana
    Februari 4, 2012 pukul 10:07 am

    Emg benar semua ciri2nya..tp emg egois tu kunci semuanya yang membuat kita bisa gk dewasa..

  38. April 3, 2012 pukul 9:16 pm

    jadi bisa melajarin semua’y nih…
    thank you

  39. Agustus 30, 2012 pukul 3:59 pm

    oya bisa bagi trik buat menjadi pria yang dewasa nggk..

    Please…

  40. ufax lat
    September 2, 2012 pukul 8:44 pm

    doakan agar aku bisa jadi seseorang laki-laki yang dewasa.

  41. Oktober 21, 2012 pukul 12:03 am

    This piece of writing is in fact a fastidious one it assists new
    internet visitors, who are wishing in favor of blogging.

  42. Audrea
    November 10, 2012 pukul 12:52 am

    Hi, I wish for to subscribe for this weblog to get newest updates.

  43. alinowak
    November 18, 2012 pukul 7:47 am

    I for all time emailed this webpage post page to
    all my friends, as if like to read it afterward my friends will too.

  44. Dina
    April 12, 2014 pukul 12:01 pm

    Bg Herry Andrian Simbolon, Mama Q juga simbolonnn… :)

    Makasih untuk postingan ini, udah lama aq hanya diam dengan mempertahankan sifat laki2 diatas yang masih seperti anak kecill,,
    baru2 ini aq mengambil keputusan mengakhiri hubungan kami, dan stelah baca postingan ini aq sedikit lebih kuat…. anak kecil gk akan bisa jadi pemimpin di rumah tangga Q nanti nya.. :)

  1. Januari 12, 2011 pukul 10:17 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: